MAKASSAR, FKM UMI – Dr. Een Kurnaesih, SKM., M.Kes, atau akrab disapa Ummi Een, salah satu dosen kesehatan reproduksi yang dimiliki Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI).

\”Saya sudah menjadi dosen di FKM UMI sekitar 2 tahun. Memang baru, karena sebelumnya saya mengajar di Akademi Kebidanan Sumedang selama 13 tahun,\” ujarnya saat ditemui di ruangan dosen, Kamis (28/9/2017).

Salah satu mata kuliah yang diajarkan adalah kesehatan reproduksi. Ummi Een menjelaskan, kesehatan reproduksi sebenarnya dimulai dari kelahiran seorang anak. \”Kelahiran ini sepertinya topik yang menarik. Seperti yang kita ketahui, sekarang sedang marak aborsi dikalangan remaja,\” jelasnya.

Alumni S3 Universitas Padjajaran ini melanjutkan, aborsi tidak selalu negatif. Ada jenis aborsi yang memang sebaiknya dilakukan karena beberapa alasan.

\”Aborsi bisa saja dilakukan. Ini dilakukan jika sang Ibu mengidap penyakit jantung yang serius. Daripada berdampak buruk bagi bayi, maka lebih baik dilakukan aborsi. Tapi tetap harus dengan pengawasan yang berwenang, seperti dokter kandungan,\” ujarnya.

Namun, yang sedang menjadi tren masa kini adalah aborsi kriminalis di kalangan remaja. \”Aborsi kriminalis banyak terjadi dikalangan remaja, salah satu penyebabnya karena mereka yang hamil diluar nikah,\” ujarnya.

Kata dia, para remaja ini tidak benar-benar menginginkan kehadiran sang bayi. \”Hal inilah yang menyebabkan terjadilah aborsi. Tindakannya pun tidak dilakukan pihak berwenang seperti dokter kandungan,\” tambahnya.

Dr Een berharap, mahasiswa FKM UMI bisa mempelajari dengan baik disiplin ilmu reproduksi kesehatan dan memberikan edukasi bagi masyarakat yang belum memahami.

BIODATA

Nama lengkap : Dr. Een Kurnaesih, SKM., M.Kes

TTL : Kuningan, 3 oktober 1966

Alamat : Jalan Kemauan 3 no.89 Maccini

Hobi : Renang dan Membaca

Status : menikah

Riwayat Pendidikan :

– Akper Padjajaran

– Guru Bidan Padjajaran

– FKM URINDO Jakarta

– S2 FKM URINDO Jakarta

– S3 Administrasi Publik Unpad

Organisasi :

– Ketua II Ikatan Bidan Indonesia Sumedang

– Pengurus Pesantren Al-Khaerat Luwuk Banggai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here