PSMF (Pengendali Sistem Mutu Fakultas)

Pengembangan Budaya Mutu telah menjadi tujuan utama dari implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti). SPM Dikti dikokohkan oleh UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti), yang salah satunya mengatur tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi.
Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muslim Indonesia (LPM-UMI) bertanggungjawab atas sistem penjaminan mutu internal. LPM sebagai lembaga independen bertanggungjawab langsung kepada Rektor berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Badan Wakaf UMI:0497/Pengurus/YBW-UMI/A/XI/2005.
Kebijakan yang terkait penjaminan mutu tertuang dalam BAB XIV Pasal 150 ayat 1 dan 2 Statuta Universitas Muslim Indonesia tahun 2012 yang mewajibkan semua unit pendidikan untuk melaksanakan aktivitas penjaminan mutu. Fakultas Kesehatan Masyarakat melaksanakan kebijakan penjaminan mutu dengan merujuk pada sistem yang terintegrasi di tingkat fakultas dan universitas. Sistem tersebut dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di tingkat universitas, Pengendali Sistem Mutu Fakultas (PSMF) pada tingkat fakultas, dan Satuan Tugas Pengendali Mutu Program studi (STPMP) pada tingkat Program Studi.

Visi dan Misi Lembaga Penjaminan Mutu – UMI

Visi  :

Menjadi Organisasi Penjaminan Mutu yang profesional dalam pelaksanaan Sistim Manajemen Mutu UMI menuju Mutu Pendidikan berstandar Nasional dan Internasional pada tahun 2020.

Misi :

  1. Mengembangkan model sistim manajemen mutu yang memenuhi standar Nasional dan Internasional.
  2. Menjamin terlaksananya Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui audit mutu internal di seluruh unit dalam lingkup
  3. Memberikan pelayanan dan pelatihan Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistim Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).
  4. Membangun budaya mutu bagi sumberdaya manusia dan organisasi di lingkungan UMI
  5. Melaksanakan dan mengembangkan sistem manajemen mutu secara berkelanjutan melalui tahapan Penetapan standar, Pelaksanaan standar, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan dan Peningkatan (PPEPP).
  6. Memberikan konstribusi positif terhadap ciri keunggulan UMI

Struktur Organisasi PSMF FKM UMI 2017-2018


Penanggung Jawab PSMF: Dr. Fairus Prihatin Idris, SKM.,M.Kes

[table “1” not found /]

Uraian Tugas PSMF dan STPMP


Uraian Tugas dan Tanggung Jawab PSMF :

  1. Menyusun, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi serta menentukan upaya tindak lanjut terhadap program kerja PSM di tingkat Fakultas.
  2. Menyediakan, mengendalikan dan mendistribusikan dokumen sistem mutu bagi semua elemen struktur di tingkat Fakultas.
  3. Memeriksa dan menindaklanjuti penyusunan atau perubahan dokumen Sistem Manajemen Mutu dari semua elemen struktur di tingkat Fakultas untuk diajukan kepada BPM UMI untuk memperoleh pengesahan.
  4. Memonitor pelaksanaan pengukuran dan pemeriksaan secara periodik terhadap pencapaian Sasaran Mutu dan pelaksanaan Rencana Mutu Fakultas.
  5. Mengusulkan tindak lanjut hasil pengukuran dan pemeriksaan Sasaran Mutu dan Rencana Mutu ke pimpinan Fakultas.
  6. Memonitor penyiapan materi Audit Mutu Internal dan mengkoordinasikan dengan semua elemen struktur di tingkat Fakultas.
  7. Melakukan cross check terhadap hasil temuan Audit Mutu Internal dan memonitor pelaksanaan tindak lanjut hasil temuan Audit Mutu Internal.
  8. Menyiapkan materi dan menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen di tingkat Fakultas serta mengupayakan tindaklanjut hasil Rapat Tinjauan Manajemen.
  9. Melakukan konsultasi dengan BPM UMI mengenai implementasi Sistem Manajemen Mutu serta kendala yang dihadapi PSMF di tingkat Fakultas.
  10. Mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu di tingkat Fakultas.

Uraian Tugas dan Tanggung Jawab STPMP :

  1. Membantu Ketua PSMF dalamn Menyusun, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi serta menentukan upaya tindak lanjut terhadap program kerja PSM di tingkat program studi.
  2. Menyediakan, mengendalikan dan mendistribusikan dokumen sistem mutu bagi semua elemen struktur di tingkat Program studi .
  3. Memeriksa dan menindaklanjuti penyusunan atau perubahan dokumen Sistem Manajemen Mutu dari semua elemen struktur di tingkat Program studi untuk diajukan kepada PSMF untuk memperoleh pengesahan.
  4. Memonitor pelaksanaan pengukuran dan pemeriksaan secara periodik terhadap pencapaian Sasaran Mutu dan pelaksanaan Rencana Mutu Program studi .
  5. Bersama Ketua PSMF Mengusulkan tindak lanjut hasil pengukuran dan pemeriksaan Sasaran Mutu dan Rencana Mutu ke pimpinan Fakultas.
  6. Membantu Ketua PSMF dalam Memonitor penyiapan materi Audit Mutu Internal dan mengkoordinasikan dengan semua elemen struktur di tingkat Fakultas.
  7. Bersama Ketua PSMF Melakukan cross check terhadap hasil temuan Audit Mutu Internal dan memonitor pelaksanaan tindak lanjut hasil temuan Audit Mutu Internal.
  8. Bersama Ketua PSMF Menyiapkan materi dan menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen di tingkat Fakultas serta mengupayakan tindaklanjut hasil Rapat Tinjauan Manajemen.
  9. Melakukan konsultasi dengan PSMF mengenai implementasi Sistem Manajemen Mutu serta kendala yang dihadapi STPMP di tingkat Progam Studi .
  10. Mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu di tingkat Program Studi.

Berikut merupakan beberapa survei kepuasan yang dilakukan PSMF, dapat dilihat di bawah ini:

+ TAMPILKAN